Batas Waktu Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu dari sholat sunnah (jika dikerjakan mendapat pahala, jika tidak dikerjakan tidak apa-apa), untuk melaksanakan sholat dhuha mempunyai waktu tersendiri untuk melaksanakannya (muaqotatan). Sebabnya sholat sunnah dalam pelaksanaannya ada yang tidak mempunyai waktu tersendiri (mutlaq) ada juga yang mempunyai waktu melaksanakan sholat dhuha.

Waktu Sholat dhuha bisa dilaksanakan dimulai dari setelah matahari terbit dan sampai dengan sebelum masuk waktu sholat dhuhur. Batas waktusholat dhuha menurut pendapat para ulama yaitu 15 menit sebelum masuk wkatu sholat dhuhur,dan batas dimulai waktu sholat dhuha yaitu 15 menit setelah mata hari terbit.

Batas Waktu Sholat Dhuha

batas waktu sholat dhuha

Waktu paling utama sholat dhuha untuk melaksanakannya yaitu pada saat waktu matahari sudah tersa panas atau sudah dekat dengan waktu sholat dhuhur, jadi anda bisa melaksanakannya saat jam istirahat sekolah/kantor jam 9, jam 10 atau bisa juga jam 11 siang. Berikut ini berdasarkan hadist rasulullah SAW dalam waktu utama mendirikan waktu sholat dhuha :

Batas Waktu Sholat Dhuha

”Shalat para Awwabin adalah ketika anak onta mulai kepanasan.” (HR. Muslim 748).

Menurut pendapat Imam Nawai menganut Madzab Safi’iyah bahwa paling baik untukmelaksanakan sholat dhuha pada waktu matahari sudah mulai panas, awal waktu sholat dhuha dimulai setelah matahari sudah terbit dan batas akhir waktu sholat dhuha sampai dengan matahari tergelincir ( akan masuk waktu sholat dhuhur)

Keutamaan Sholat Dhuha

  1. Merupakan bagian dari wasiat Nabi SAW.
  2. Dengan melaksanakan sholat dhuha 2 (dua) rakaat akan dapat mencukupi dekah sebanyak 360 atau sebanyak ruas tulang kita. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Dzar RA, Rasulullah bersabda:

“Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, Setiap tasbih adalah sedekah, Setiap tahmid adalah sedekah, Setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)

  1. Sholat dhuha adalah sholatnya orang yang bertaubat

Batasan rakaat sholat dhuha menurut masing-masing ulama ada mengatakan 2 (dua) rakaat ( diambil keutamaan sholat dhuha ) ada yang8 rakaat, 12 rakaat, dan juga tidak ada batasan rakaat untuk sholat dhuha.

Itulah artikel batas waktu sholat dhuha dan juga keutamaan sholat dhuha, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Artikel ini dikutip dari berbagai sumber.