Begini Niat dan Tata Cara Mengerjakan Salat Dhuha

Salat Dhuha adalah salat yang dikerjakan antara Salat Subuh dan Salat Zuhur. Dikerjakan ketika matahari terbit atau sekitar pukul 06.30 WIB hingga 12.00 WIB. 

Salat Dhuha merupakan salah satu salat sunnah yang berjumlah genap dan dapat dikerjakan minimal 2 rakaat hingga 8 rakaat sesuai pilihan. Dikerjakan dengan melakukan 2 rakaat dan sekali salam.

Sebelum salat akan lebih baik jika mengucapkan niat di dalam hati agar ibadah terasa lebih khusyu’. Mengucapkan niat juga mampu mempermudah lebih berkonsentrasi. 

Lafal niat Salat Dhuha sebagai berikut: 

Ushalli sunnatad dhuha rak‘ataini lillahi ta‘ala.

Artinya: “Aku menyengaja salat sunnah dhuha dua rakaat karena Allah SWT.”

 

Adapun Tata Cara Salat Dhuha, yakni:

Membaca niat 

Takbiratul ihram

Membaca surah Al-Fatihah.

Membaca surah pendek di dalam Al Qur’an (diutamakan QS ad-Dhuha)

Rukuk

I’tidal

Sujud

Duduk di antara dua sujud

Sujud kedua

Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua dengan melakukan urutan tata cara sholat yang sama seperti rakaat pertama. Kemudian mengakhirinya dengan duduk tasyahud akhir dan salam pada saat sujud terakhirnya.

Salah satu kegiatan yang tak boleh ditinggalkan sesudah usai melaksanakan ibadah salat adalah berdoa. Adapun doa setelah Salat Dhuha yaitu:

Allahumma innad dhuha’a dhuha’uka, wal baha’a baha’uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma in kana rizqa fis sama'i fa anzilhu, wa inkana fil ardhi fa akhrijhu, wa inkana mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kana haraman fa thahhirhu, wa inkana ba‘idan fa qarribhu, bi haqqi duha’ika wa baha’ika wa jamalika wa quwwatika wa qudratika. Atini ma atayta ‘ibadakas shalihin.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah.

Jika sukar mudahkanlah. Jika haram sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak duha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang shalih.