Ini Waktu Terbaik dan Mustajabnya Sholat Dhuha

Melihat definisinya , waktu Dhuha adalah waktu pada saat matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta mulai dari terbitnya matahari (sekitar jam tujuh pagi) sampai waktu dzuhur (Sekitar jam 12 siang). Ketika melaksanakan sholat Dhuha, kita dianjurkan mengamalkannya minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Pada shalat Dhuha ini setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam.

Manfaat sholat Dhuha yang dirasakan oleh orang muslim yang mengerjakannya adalah dapat memudahkan rezekinya, dan memudahkan segala urusan. Untuk itu diutamakan membaca surat-surat dalam sholatnya yang bisa mendatangkan rezeki. Surah-surah yang paling baik dibaca ketika sholat duha adalah Surah Ad-Dhuha, Surah Al-Waqi’ah, Surah Asy-Syams, Surah Quraisy, Surah Al-Kafirun atau Surah Al-Ikhlas.

Waktu Sholat Dhuha Terbaik Menurut Ulama

Dalam Fikih Manhaji Imam Syafi’i disebutkan bahwa waktu terbaik untuk sholat Sunnah Dhuha bahwa untuk melaksanakan ibadah dhuha yang mustajab bisa melihat tanda-tanda alam yaitu pada saat padang pasir sudah terasa panas dan juga anak unta beranjak.

Pada Nuzhatul Muttaqin Karya Syaikh Musthafa Al Bugha dan empat ulama lainnya menjelaskan Bahwa, “Waktu shalat dhuha dimulai sejak matahari beranjak tinggi sampai matahari mendekati posisi tengah. Tapi, Waktu Sholat Dhuha yang paling utama adalah Disaat matahari meninggi dan sudah terasa panas.”

Karena zaman dulu belum ada jam, maka yang jadi patokan adalah dengan melihat tanda-tanda alam, misalnya melihat arah matahari, panasnya pasir atau bayangan dari sinar matahari. Karena sekarang sudah ada jam, maka kita bisa berpatokan berdasarkan jam untuk melihat kapan waktu sholat dhuha terbaik. Jadi akan lebih paham kapan saat yang tepat dan mustajab untuk melakukan sholat sunnah ini.

Dan jam berapakah waktu terbaik sholat Dhuha di Indonesia? Waktu shalat dhuha paling tepat ialah pada waktu jam 9 Pagi WIB. Sedangkan untuk waktu di tempat lain selain WIB, maka akan menyesuaikan. Kita bisa berpatokan di waktu sholat yang ada atau bisa mengambil referensi dari jadwal sholat masing-masing wilayah. Dalilnya dari hadis nabi sebagai berijut;

إِنَّ صَلَاةَ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

 

“Shalat orang-orang yang bertaubat adalah saat anak-anak Unta menderum (karena panasnya matahari).” (HR. Ahmad).

Ibadah yang dimaksud pada hadis nabi berdasarkan waktu terbaik sholat dhuha. Begitu juga amanat dari Syaikh Muhammad bin Shalih al utsaimin serta Syaikh bin Baz pada uraian buku perkataan nabi Riyadhus Shalihin.

Dengan mengetahui waktu terbaik dan mustajabnya Sholat Dhuha, maka kita sebagai muslim bisa rutin mengamalkannya. Sholat Dhuha sangat tepat dilakukan sebagai salah satu sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam memohon rezeki kepada-Nya.

Baca Juga Doa Sholat Dhuha