Manfaat Salat Dhuha: Penambah Rezeki dan Penghapus Dosa

shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan bermanfaat bagi diri pribadi saat dikerjakan. Salah satunya sebagai pembuka pintu rezeki dan pengampunan dosa yang telah kita lakukan. Selain itu, salat dhuha juga dapat mempermudah segala urusan yang kita kerjakan di sepanjang hari.

Baca juga : Keutamaan Zikir Laa Ilaaha Illallah-Subhanallah 100 Kali Tiap Hari

Sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah dalam hadits Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat salat duha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya." (HR Hakim & Thabrani)

Selain keutamaan tersebut masih banyak manfaat yang bisa kita rasakan apabila melaksanakan salat dhuha dengan benar dan juga rutin, di antaranya sebagai berikut:

  1. Terhindar dari sifat lalai Sifat lalai merupakan penyakit hati yang sangat merugikan pemiliknya. Allah juga sangat murka bagi hamba yang memiliki sifat lalai sebab dapat memalingkan manusia dari berbagai bentuk ketaatan kepada Allah Ta’ala. Namun perilaku tersebut dapat terhindar jika seorang muslim rajin melaksanakan shalat dhuha. Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai.” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i)
  2. Diampuni dari dosa Diantara keutamaan sholat dhuha ialah diampuninya segala jenis dosa yang telah diperbuat, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dan Ibnu Majah bahwa orang yang membiasakan sholat dhuha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan. Rasulullah bersabda, "Siapa yang membiasakan shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  3. Sebagai sedekah bagi tubuh Rasulullah SAW sangat menganjurkan agar umatnya senantiasa melaksanakan shalat dhuha karena dapat menjadi sedekah bagi tubuh yang harus dikeluarkan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at.” (HR Muslim).

Baca juga : Cahaya bagi orang-orang yang sering berzikir

  1. Memudahkan urusan Melaksanakan shalat dhuha juga dapat mempermudah segala urusan yang akan kita kerjakan dalam seharian penuh. Allah SWT senantiasa memberkati setiap amalan yang dikerjakan dengan syarat shalat yang kita kerjakan tersebut dikerjakan dengan ikhlas dan hanya berharap pahala dari Allah SWT. Bukan untuk mendapatkan pujian dari seseorang.
  2. Membuka pintu Rezeki Manfaat salat dhuha yang paling dikenal oleh masyarakat ialah sebagai pembuka berbagai pintu rezeki dan segala yang kita inginkan atau impikan akan semakin mudah kita dapatkan. Misalnya, keinginan agar rezeki ditambah, mendapatkan jodoh atau menghendaki tubuh yang sehat.

 Baca juga : Bersihkan Hati dengan Berzikir