Niat, Doa Setelah Sholat, Dan Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha – Sebagai seorang muslim, kita memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat, sebagaimana perintah Allah. Selain sholat wajib, kita juga diajurkan untuk melaksanakan sholat sunnah.

Beberapa sholat sunnah yang bisa kita lakukan, salah satu contohnya sholat dhuha. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang hukumnya sangat dianjurkan untuk dilakukan (Sunnah muakad).

Sesuai dengan namanya, sholat sunnah dhuha dikerjakan pada waktu dhuha, sejak terbitnya matahari (kira-kira pukul 7 pagi) hingga sebelum memasuki waktu zuhur.

Jumlah rakaat sholat sunnah ini yaitu minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat, dengan 2 rakaat dan 1 salam.

 

Banyak sekali keutamaan yang kita dapat jika kita melaksanakan sholat sunnah ini. Mau tau apa saja keutamaan sholat dhuha? OKEMOM sudah merangkum beberapa point mengenai sholat dhuha, dari niat sholat dhuha sampai keutamaan sholat dhuha.

 

Doa Sholat Dhuha Lengkap Dengan Artinya, Dan Keutamaan Sholat Dhuha

niat sholat sunnah dhuha

1. Niat Sholat Dhuha

Tentu dalam melaksankan sholat terlebih dahulu membaca niat, begitupun dengan sholat dhuha.

Berikut bacaan niat sholat dhuha:

 

Niat sholat Dhuha

 

2. Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah mengerjakan sholat dhuha dianjurkan untuk membaca doa. Berikut bacaannya:

doa setelah sholat dhuha

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu dan kekuasaan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih

Boleh juga untuk membaca doa lainnya, asalkan doa tersebut mengandung isi yang baik.

3. Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha

Ada berbagai macam keutaman yang akan kamu dapatkan ketika melaksanakan sholat dhuha, yang dapat dijadikan penolong selama hidup di dunia. Berikut beberapa keutamaan sholat dhuha:

 

tata cara sholat

  1. Salat sunnah dhuha memiliki keutamaan untuk permohonan ampunan dosa.Sesuai dengan sabda Rassulullah SAW, “Barang siapa yang mengerjakan sholat dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu sebanyak seperti buih di lautan.”
  2. Barang siapa yang menjalankan salat sunah dhuha empat rakaat, maka Allah akan memberikannya kecukupan rezeki.Sebagaimana Allah ‘Azza wa jalla berfirman,”Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat diawal harimu, niscaya aku cukupkan untukmu disepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)
  3. Berpahala seperti orang pergi haji dan umroh.Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan Anas bin Malik RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalla bersabda, “Barang siapa melaksanakan sholat subuh berjamaah kemudian ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga terbit matahari, lalu ia mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahalanya haji dan umroh.”
  4. Sedekah untuk Seluruh Tubuh.Dalam hadist riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu Daud, dari Abu Dzar Al Ghiffari menyebutkan, sholat Dhuha merupakan ganti dari sedekah seluruh ruas tubuh.”Hendaklah masing-masing darimu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya, maka tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, tiap kali bacaan tahmid adalah sedekah, tiap kali bacaan tahlil adalah sedekah, tiap kali bacaan takbir adalah sedekah, dan menyuruh kepada yang makruf adalah sedekah, dan mencegah yang mungkar adalah sedekah, dan sebagai ganti itu semua itu cukup lah melakukan dua rakaat sholat dhuha.”
  5. Sholatnya Orang yang Kembali Taat.Keutamaan dan manfaat sholat Dhuha yang terakhir adalah menjadi sholatnya orang orang yang kembali taat. Dalam hadist riwayat Ibnu Khuzaimah, “Tidak lah menjaga sholat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat).