Waktu Sholat Dhuha yang Dianjurkan dan Dilarang

 Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dijalankan oleh umat muslim. Waktu sholat dhuha dikerjakan setelah matahari terbit hingga sebelum matahari tergelincir.

Bagaimana waktu sholat dhuha yang dianjurkan dan waktu yang dilarang mengerjakan sholat dhuha? Sebagai umat muslim yang baik, alangkah baiknya sebelum mengerjakan sholat dhuha, untuk mengetahui waktu yang tepat mengerjakan sholat sunah tersebut. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Keutamaan Shalat Tahajud, Waktu Mustajabnya Doa

Keistimewaan Sholat Dhuha

Sholat dhuha dilakukan dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 8 rakaat. Sholat dhuha ini dilakukan 2 rakaat sekali salam.

Shalat Sunnah Rawatib: Waktu, Jumlah Rakaat, dan Niatnya

Sholat dhuha menjadi salah satu amalan yang istimewa karena diwasiatkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada Abu Hurairah. Dijelaskan dalam riwayat Abu Hurairah bahwa Rasulullah memberikan wasiat tiga hal yakni puasa tiga hari setiap bulan, sholat dua rakaat setiap hari, dan sholat witir sebelum tidur.

Keutamaan Sholat Dhuha

Diketahui keutamaan sholat dhuha ialah, bagi orang yang mengerjakannya maka akan mendapat ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosanya di masa lalu.

Nabi Muhammad menjelaskan, "Siapa yang membiasakan diri (untuk menjaga) sholat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (H.R. At-Tirmizi).

Waktu Sholat Dhuha

Mengutip dari NU Online, Syekh Hasan bin ‘Ammar dalam kitab Maraqil Falah, menjelaskan bahwa dhuha merupakan waktu yang dimulai dari naiknya matahari hingga sebelum matahari tergelincir. Terkait hal itu, Syekh Muhammad bin Abdullah Al-Kharasyi Al-Maliki dalam Syarh Mukhtashar Khalil, mengungkapkan ada tiga waktu antara terbitnya matahari hingga tergelincirnya matahari yakni:

Baca juga : 6 Manfaat Sholat Tahajud Setiap Malam Selama 40 Hari yang Mengagumkan

  • Dhohwah: saat matahari terbit hingga naik
  • Duha: saat matahari naik hingga tepat di atas langit
  • Dhaha: dimulai sejak habis waktu dhuha hingga tergelincir matahari

Waktu yang Dilarang Mengerjakan Sholat Dhuha

Inilah pentingnya mengetahui kapan waktu sholat dhuha karena ada waktu-waktu tertentu umat Islam dilarang menunaikan sholat dhuha yakni:

  • Setelah sholat subuh hingga matahari naik satu anak panah
  • Saat matahari tepat berada di atas kepala hingga waktu dzuhur
  • Saat matahari berwarna kekuningan (setelah ashar) sampai terbenamnya matahari

Demikian penjelasan waktu sholat dhuha sesuai syariat Islam. Perhatikan waktu sholat dhuha yang dianjurkan dan waktu yang dilarang mengerjakan sholat dhuha agar kita tidak keliru.

Baca juga : Bolehkah Shalat Tahajud 2 Rakaat Dilakukan? Cek Dalilnya di Sini!